Sunday, May 29, 2011

Honda Jazz Stars 3 (28 Mei 2011)


Sebelumnya aku minta maaf banget sama SM*SH, dan semoga mereka bisa balik lagi yang pasti dengan keadaan yang lebih baik.

Seperti  yang  sudah  dijadwalkan  beberapa  hari  sebelumnya,  SM*SH akan ikut memeriahkan acara Honda Jazz Stars 3, bersama dengan Indra Bekti. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2011, di Solo Grand Mall. Sebagai salah satu penggemar SM*SH atau bisa disebut SMASHBLAST, naluri saya untuk bisa menemui idola saya mulai keluar, dan saat mendengar berita itu saya benar-benar ingin bisa melihat mereka secara langsung. Acara dimulai pukul 15.00 tapi saya sudah berangkat dari rumah jam 12, tapi sebelum menuju SGM saya menyempatkan diri untuk mengunjungi Hailai Internasional, yang dengar-dengar akan dijadikan tempat MnG SM*SH dengan harga tiket hanya Rp 22.000,00 tapi sayang tiket sudah habis! Kami (saya dan rekan saya Shinta) sampai di SGM sekitar pukul satu, dan kami pikir acaranya dilaksanakan di lantai dasar, karena kami bingung atau lebih tepatnya mencari lokasi acara berlangsung, dan sebelum pencarian dimulai kami menuju toilet dulu. Kebetulan di toilet ada orang, dan kami pun bertanya tentang event yang akan diselenggarakan hari ini, ternyata memang benar acaranya hari ini di sini, di lantai tiga! Langsung kami menuju lantai tiga, bisa terlihat bahwa saat kami menginjakkan kaki di lantai tiga lautan manusia terhampar di depan kami. Karena tubuh kami yang bisa dibilang cukup ramping kami pun bisa masuk ke dekat stage, ya walau tidak paling depan.
Semua orang berteriak! Seperti mereka melihat SM*SH, dan itu yang menyebabkan insiden dorong-dorongan. Saya bisa melihat banyak anak kecil yang berkeliaran disekitar lokasi, atau lebih tepatnya mereka juga ingin melihat SM*SH, wow! Saya tidak pernah menyangka bahwa radiasi tentang karisma SM*SH telah menjamur sampai anak kecil. Saat insiden dorong-dorongan pertama itu bisa saya lihat ada beberapa ibu yang dengan muka panik lebih memilih keluar dari gerombolan orang antusias daripada harus menanggung derita terutama yang dirasakan anaknya. Tapi insiden dorong-dorongan pertama ini tidak begitu dahsyat, masih ada insiden dorong-dorongan yang lebih dahsyat! Karena insiden itu juga banyak orang-orang pingsan karenanya, dan terpaksa harus dibawa keluar dari lokasi, acara saja belum dimulai tapi sudah banyak yang pingsan apalagi kalau SM*SH keluar? Saya rasa insiden dorong-dorongan itu terjadi sekitar lima menit, dan saya heran kenapa mereka (dalam tanda kutip yang berusaha mendesak agar bisa berada di depan) tidak bisa mengerti keadaan penonton di depan? Egois! Saya rasa itulah yang mereka rasakan saat itu, rasa ingin tahu mereka mengalahkan keselamatan orang lain!
Setelah beberapa satpam dan panitia turun tangan insiden dorong-dorongan mulai mereda. Kami yang berada di depan stage dimohon untuk duduk, agar penonton di belakang juga bisa melihat, dan kami yang berada di depan menurutinya. Setelah menunggu cukup lama akhirnya acara dimulai, dan acara dimulai oleh dancer, dilanjutkan penampilan Indra Bekti dengan lagunya “Miss Chatting” dan saya berpikir saya mulai bisa menikmati acara ini, karena lagu ini bisa melarutkan suasana yang tadi cukup ricuh. Setelah lagu selesai, dilanjutkan penampilan dari pemenang Honda Jazz Stars 3.
Dilanjut dancer (lagi), kemudian penampilan pemenang Honda Jazz Stars 3 (lagi), dan sekali lagi dengan urutan penampilan yang sama. Kemudian Indra Bekti keluar dan berkata SM*SH! Seketika itu juga semua orang yang tadinya duduk berdiri, semua orang yang tadinya berdiri di belakang langsung berusaha untuk mengambil tempat sedekat mungkin dengan stage! Yang bisa saya lakukan hanyalah mengangkat tangan tinggi-tinggi agar kamera digital yang telah saya persiapkan dari pagi bisa mengambil sedikit atraksi mereka di panggung! 
Yang terlihat dengan mata kepala saya sendiri adalah Morgan dengan kacamata dan bajunya yang belang, Ilham dengan baju hijaunya, Rangga dengan baju kuning dan senyumnya yang ia pamerkan sebelum mulai bernyanyi, dan Reza dengan baju orangenya. Sumpah! mereka lebih keren daripada yang di teve! Saya tidak bisa melihat Bisma, Rafael, dan Dicky, karena mereka ada di bagian kiri stage, sedangkan aku di kanan stage! Belum lagi dorongan-dorongan yang telah membuat pondasiku untuk bisa kuat berdiri dan akhirnya tumbang! Yang pertama kali saya cari adalah Sintha! Dia terlihat terjatuh dengan keadaan kerudungnya yang sudah lepas juga posisi seperti orang tidur! Saya berusaha sekuat mungkin berteriak “Hey! Ada orang!” dan saya rasa teriakan saya sangatlah kecil disbanding sound system dan teriakan ratusan SMASHBLAST! Paling tragis adalah saat aku melihat sendiri bagaimana Shinta ditindih oleh banyak orang, saat itu yang aku pikirkan adalah bisa menyelamatkan Sintha! Tapi sayangnya dorongan dari arah kiri dan kanan sangat kuat dan bersamaan membuat saya benar-benar terjatuh, dan aku hanya bisa merasakan ada tangan yang meraih tanganku, tangan itu adalah seorang perempuan yang tadi sempat kutolong, dan aku bisa mendengar dia berteriak “Ada yang pingsan!” dan benar, disampingku ada seorang perempuan yang tergeletak, sepertinya dia anak SMA! Dan aku lihat Sintha berada di belakangku dan membantuku untuk berdiri. Demi apapun di dunia ini aku ingin keluar! Akhirnya aku dan Shinta berusaha sebisa mungkin untuk keluar dari kericuhan! Bisa kulihat dari jarak lain bahwa kericuhan masih terjadi. Saat melewati lorong lain di sebelah lokasi banyak orang yang pingsan dan tergeletak lemah, sungguh tragis! Malah ada orang disamping saya yang sedang berjalan dan tiba-tiba pingsan!
Keluar! Adalah pilihan terbaik! Allhamdullillah kami bisa selamat dari insiden yang hampir merenggut nyawa! Dan ternyata pilihan saya untuk keluar adalah benar! Setelah SM*SH menyelesaikan lagu yang mereka bawakan tadi yang berjudul “Gadisku” acara langsung diselesaikan, karena kericuhan dan korban yang semakin menjamur. Bisa jauh-jauh dari lokasi member sedikit nafas lega (dalam arti sebenarnya) karena di lokasi saya sulit untuk menghirup udara yang bersih! Dengan baju dan rambut yang berlumuran keringat kami mencoba untuk cepat-cepat pulang!
Yang kami dengar dari penonton lain bahwa ada yang kehilangan HP dan uang, bahkan kehilangan saudara atau orang tua yang kebetulan juga diajak ke lokasi. Dan setelah insiden ini saya punya beberapa tips agar terhindar dari bahaya seperti ini.
1.      Pakailah sepatu saat akan menuju lokasi, sebab kemungkinan besar saat insiden dorong-dorongan seperti tadi sandal anda bisa lenyam! (sudah ada korban)
2.      Jika anda membawa tas, usahakan tas anda diisi banyak bawaan, misalnya sapu tangan, handuk kecil, tissue, air minum dan lain-lain, dan coba letakkan dompet anda di tempat paling dasar atau tempat yang sekiranya sulit dijangkau.
3.      Jika anda menggunakan HP untuk merekam atraksi sang idola harap menggunakan gantungan HP agar bisa dikalungkan dan lebih aman (berlaku juga dengan kamera)
4.      Datang dua sampai tiga jam sebelum acara dimulai, agar anda bisa mencari posisi yang pas untuk menonton nanti juga untuk menghindari keadaan tergencet atau lain sebagainya.
5.      Sebelum menuju lokasi usahakan makan dulu daru rumah, cukup makan dan cukup minum, jangan sampai saat dilokasi anda merasa lapar, lemas, dan akhirnya pingsan.
6.      Untuk penderita asma diharap jangan terlalu memaksakan, sebab sirkulasi udara sangat buruk saat anda berada di tengah-tengah banyak orang.
7.      Usahakan jangan mengajak anak kecil, karena bisa membahayakan anak kecil tersebut.
SM*SH… seburuk apapun kejadian tadi aku masih bisa melihat kalian begitu professional. Kesalahan bukan terletak pada SM*SH tapi pada PENONTON! Saya hanya bisa berharap event selanjutnya lebih baik dari event kali ini! Jangan pernah kapok SM*SH untuk datang ke Solo, jangan kapok buat panitia yang mau mengadakan event di Solo! Ini bisa diperbaiki jika ada planning yang benar-benar terencana! RESPECT and PEACE UP!

NB: kejadian ini membuat telinga saya berdenging dan badan terasa pegal-pegal euy! Biarin ah tetap #senyumsemangat :D

1 comment:

ayo komentar postingan ini, pasti komentar kalian akan sangat berguna buat saya khususnya. komentar ya....