Monday, December 30, 2013

Review The Overtunes Extended Play

Cover depan

Halo readers, kali ini aku ingin me-review tentang Extended Playnya The Overtunes. Apa itu Extended Play? Bisa dibilang ini adalah mini album, karena di dalamnya terdapat tiga buah lagu yaitu Sayap Pelindungmu (Centre of Gravity), Soulmate, dan Soulmate (The Overtunes Version). Selain tiga lagu, ada tambahan satu video HD Video Klip Sayap Pelindungmu. Namanya aja HD pasti resolusinya bikin puas Tunist buat nonton video ini berkali-kali.
 
CD dari EP TheOv


Tak seperti album biasa yang isinya cuma CD, EP ini punya lembar lain disamping CD. Mari kita telaah tiap lembarnya. Lembar awal dari EP ini merupakan CD dan di sisi lain menunjukkan gambar sama seperti cover.

Halaman Awal EP
Dibalik lembar ini, terpampang gambar The Overtunes yang terlihat duduk bercengkrama dengan tambahan track lagu dalam EP di sudut kanan atas. Tunist pasti betah deh lama-lama memandang halaman ini.
Selanjutnya adalah beberapa foto The Overtunes ditambah tulisan 'We Are One', 'Soar High', dan 'Change The World with Music'. Yang kalau diartikan 'Kami adalah Satu' yang menurut aku pribadi ingin menegaskan bahwa selain mereka yang bersaudara kandung mereka juga satu-kesatuan dalam bermusik. 'Melambung Tinggi' dimana menurut aku The Overtunes ingin melambungkan musik mereka tinggi-tinggi agar makin banyak orang yang bisa menikmati musik mereka jika mereka makin melambung, makin terlihat. Atau mereka ingin berada tinggi layaknya musisi ternama yang namanya dibawa melambung berkat musik mereka. 'Mengubah Dunia dengan Musik' kata-kata ini mengingatkanku pada ucapan Mikha saat audisi X Factor, dia berkata demikian pula. Bahwa musik dapat mengubah dunia, bahwa lewat musik mereka dapat menyalurkan apa yang ingin masyarakat rasakan, suara hati. Bisa saja lewat musik mereka bisa menyemangati jiwa-jiwa Tunist, jadi lebih semangat. Pasti deh Tunist semangat tiap dengar lagu The Overtunes.
Halaman ke-4 ini bertuliskan lirik lagu Sayap Pelindungmu (Centre of Gravity) dan Soulmate. Walaupun ada sedikit lirik dari Sayap Pelindungmu tidak tertulis lengkap tapi dengan didukung gambar The Overtunes juga lambang Sayap Pelindungmu rasanya hal itu tak perlu diambil pusing. Karena lagunya sendiri easy listening, mudah dihafal begitu saja.
Lebih spesifik lagi, lembar selanjutnya berisi tentang Mikha Angelo. Di sini Mikha sedikit bercerita tentang pembuatan liriknya. Kimik ini meminta pendapat pada Sang Mama, dan dengan jeniusnya beliau mengusulkan Sayap Pelindungmu. Sekalipun awalnya terasa aneh, tapi memang kata itulah yang cocok. Juga menegaskan bahwa di The Overtunes hanya cuma dia yang nyanyi, kalian wajib dengar Soulmate (The Overtunes Version) dan selamat mendengar suara indah lain selain main vocalnya Mikha. Selain itu juga ada quote of Mikha yang sepertinya scan dari tulisan Mikha sendiri.
Aku bukan penyanyi, Aku Musisi, Seniman. Musik itu passion, bukan paksaan. Aku idealis, Dan ga mau dipengaruhin orang Lain. Buat aku setiap Lagu itu Cerita. Ada artinya atau enggak, ya begitulah :)


Selanjutnya adalah halaman khusus Reuben Nathaniel. Di sini Reu menuliskan bahwa band di Indonesia jarang yang merilis EP untuk memulai memasuki dunia musik Indonesia. Dan mereka sudah selangkah lebih baik, dan mereka berharap bisa sebaik mungkin dalam musik Indonesia. Reu juga berharap Tunist menyukai persembahan lagu yang ingin mereka perdengarkan pada Tunist.
Banyak Alasan aku jarang keluar dari rumah. Haha! Cendering Perfeksionis, aku percaya ali terlahir Sebagai Musisi yang harus fokus untuk bisa mewujudkan Mimpi-mimpiku Rencana Tuhan :)
Beralih ke Mada Emmanuelle dibalik Reuben. Di sini Mada menuliskan bahwa ia berharap untuk bisa suka sama lagu mereka. Mendukung, saling sayang dan peduli, saling memotivasi, saling memberi input, setia, jujur. Untuk bersama mengubah dunia menjadi lebih baik. We can do it!
Di antara kita bertiga, aku paling misterius. Sering menjadi sosok pendiam, tapi bisa heboh juga. Susah ditebak. Gak pernah suka sama yang namanya membatasi cita-cita, selalu kejar memontum Selagi bisa bikin dunia bahagia kenapa nggak? Punya prinsip sama kepercayaan yang liat tertanam dan selalu dipakar jadi dasar hidup.
Lembar terakhir menuliskan ucapan terima kasih The Overtunes pada banyak pihak yang telah membantu jalan karir mereka dan tentunya bagi yang sudah membeli EP mereka. Ada juga akun-akun sosial media mereka. Facebook: The Overtunes. Twitter: @TheOvertunes. Instagram: @TheOvertunes. Tumblr: TheOvertunes-Blog. Youtube: The Overtunes TV. Soundcloud: @TheOvertunes_Sound. Uniknya ayah mereka Lans Brahmantyo turut ambil bagian dalam pembuatan EP ini, beliau bersama Afterhours Books menjadi Creative Direction. The Fresh Brand, Kaporal Jeans, Fender, dan Sony Music tentunya komponen yang berperan penting dalam pembuatan EP ini. Bicara itu tentunya kita akan tertarik pada Fender, brand alat musik yang mendunia. Para musisi pasti sangat mengenal brand ini, pasti punya gitar Fender jadi impian banyak orang. The Overtunes sendiri telah menjadi ambassador brand ini untuk wilayah Indonesia, hebat bukan?
Halaman lain yang lebih menarik adalah bagian terakhir. Yaitu Certificate of Authenticity diikuti nomor seri dari EP yang totalnya ada 777. Punya aku adalah 304 dari 777 kopi EP yang diproduksi. Awalnya hanya 500 namun karena permintaan Tunist, Sony menambah kuota menjadi 777 yang dirilis pada 4 Desember 2013. Bagian berkilau lain adalah tanda tangan dari Mada, Reuben, dan Mikha. Asli! Mereka membubuhkan tanda tangan pada 777 EP. Pastinya ini menjadikan EP jadi lebih spesial.
Certificate of Authenticity
 Tak cukup sampai disitu. EP ini juga memberikan bonus stiker The Overtunes dan photocard. Tiap EP beda photocard, dan aku beruntung mendapatkan photocard Mada :D
Bonus EP

Terakhir bagian cover belakang EP. Di sini tertera cara aktifasi RBT. Untuk Sayap Pelindungmu (Centre of Gravity) TOV1, Soulmate TOV2, dan Soulmate (The Overtunes Version) TOV3. Khusus pengguna Telkomsel, Indosat, XL, 3, dan Smart. Ada juga artist management kalau ada yang mau mengundang The Overtunes.
Cover belakang

 Download secara legal lagu-lagu dalam EP ini di iTunes ya, sudah tersedia kok. Nggak mahal juga, hehe. Akhirnya aku memberi poin 5/5. Mulai dari isi, design, sampai pelayanan dari tahap pemesanan sampai pengiriman. EP ini seukuran buku tulis, designnya lembut, aku pribadi nyaman memandangi dan tentunya memutar CD dari EP ini. Ku rasa Tunist juga begitu. Sedikit tulisan dalam EP ini juga sudah cukup membagi cerita dibalik EP juga sisi dari tiap personil. Yang pasti album The Overtunes akan sangat aku tunggu, dan akan terus mendukung The Overtunes bersama Tunist lain yang semoga tiap waktunya makin bertambah. Amin.


No comments:

Post a Comment

ayo komentar postingan ini, pasti komentar kalian akan sangat berguna buat saya khususnya. komentar ya....